Intel Bakal Luncurkan Prosesor dengan Kecepatan 5,1GHz Tahun Ini

Semakin banyaknya kebutuhan akan perangkat komputer dalam menjalankan tugas-tugas yang berat, membuat para produsen prosesor, baik dari Intel dan AMD bersaing dalam hal kecepatan. Tidak hanya cepat, namun juga hemat daya juga menjadi perhatian khusus bagi sebagian orang. Namun bayangkan bila kita memiliki komputer dengan kecepatan tinggi, pasti ingin apa saja menjadi mudah ya, apalagi bermain game.
Nah hal tersebut bakal terkabul dengan informasi yang beredar belum lama ini, dimana sesuai infomasi dari VR-Zone, Senin (18/1/2016), dikabarkan bahwa Intel sedang mempersiapkan prosesor kencang yang akan dirilis pada tahun ini.
xeon-e5-2600-fams
Disebut-sebut prosesor yang akan dirilis ini termasuk dalam keluarga Intel Xeon E5-2600 V4, atau lebih tepatnya adalah Xeon E5-2602 V4. Dari informasi yang beredar, prosesor ini akan memiliki kecepatan yang bisa dibilang tinggi, yaitu 5,1GHz, sangat cepat bukan? Bila memang informasi ini benar adanya, maka dipastikan Intel akan memecahkan rekor untuk menembus batas kecepatan 5GHz. Berbasis prosesor quad core, Intel Xeon E5-2602 V4 akan memiliki 10MB L3 cache.
Kecepatan di atas bukanlah hal biasa, karena untuk prosesor kelas ektrim pun untuk menembus angka kecepatan lebih dari 5GHz perlu overclock yang cukup pas untuk pengaturannya, itu pun juga ada yang menggunakan pendingin nitrogen untuk menjaga suhu dan kestabilannya.
Untuk konsumsi daya, tentu sedikit rakus dari prosesor kebanyakan yang beredar, karena Intel Xeon E5-2602 V4 ini butuh asupan daya sebesar 165 Watt. Prosesor ini rumornya akan masuk ke jajaran Broadwell-EP yang menggunakan motherboard soket LGA 2011-v3, yang mana motherboard ini juga digunakan untuk prosesor ekstrim, Intel Core i7 6950X yang akan hadir dalam waktu dekat.
Sayangnya Intel hingga detik ini belum memberikan klarifikasi apakah benar ingin merilis prosesor ini. Namun bila benar, seperti yang telah dikatakan, Intel akan memecahkan rekor dunia untuk prosesor dengan kecepatan bawaan sebesar 5,1GHz. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Intel.

0 komentar:

Posting Komentar