Prosesor AMD Zen Akan Meluncur Akhir Tahun 2016

Kabar akan prosesor terbaru dari AMD Zen memang telah berhembus sejak tahun lalu. Namun pihak AMD tidak memberikan klarifikasi apapun mengenai kapan prosesor tersebut akan muncul ke tangan konsumen. Apalagi dominasi Intel yang semakin merajai pasaran komponen komputer, membuat para fans AMD ini gigit jari.
amd-logoo
Nampaknya AMD ingin mempersiapkan prosesor terbaru mereka ini dengan matang, sehingga mampu menyaingi Intel. Seperti yang diberitakan oleh Guru3D, Kamis (21/1/2016), kabarnya AMD akan merilis prosesor AMD Zen dalam waktu dekat. Pada acara konferensi yang belum lama ini digelar oleh AMD, Lisa Su selaku CEO AMD mengatakan bahwa prosesor AMD kelas atas, Summit Ridge yang bearsitekturkan Zen tersebut akan dirilis pada akhir tahun 2016.
Lisa juga mengatakan bahwa prosesor AMD terbaru ini membawa peningkatan yang cukup drastis, yaitu sebesar 40% per clock, dibanding dengan seri terdahulunya. Dirinya juga berharap, tidak hanya digunakan untuk komputer mulitmedia dan gaming, nantinya AMD juga akan mengeluarkan prosesor dengan arsitektur Zen untuk komputer server.
Roadmap prosesor AMD tahun 2016
Roadmap prosesor AMD tahun 2016
Salah satu jajaran tertinggi prosesor AMD terbaru ini, Summit Ridge, akan menggunakan fabrikasi 14nm yang mana lebih padat dan lebih hemat daya. Namun meski hemat daya, disebutkan bahwa performa dari AMD Zen ini tidak main-main. Soket yang digunakan juga baru, yaitu soket AM4, yang mana semua prosesor AMD terbaru ini sama, tidak seperti pendahulunya, yang berbeda antara prosesor APU dengan soket FM2+ dan AM3+.
Setidaknya sudah ada kepastian dari AMD mengenai prosesor terbaru mereka ini. Sehingga bagi yang ingin membangun sebuah perangkat komputer baru dapat menabung terlebih dahulu untuk merasakan gaharnya performa dari AMD Zen ini.

0 komentar:

Posting Komentar